Wednesday 2 October 2013

Teks Laporan Tentang Tanaman

Tanaman
 Tanaman adalah semua subjek usaha tani yang bukan hewan dan dibudidayakan pada suatu ruang atau media yang sesuai usaha itu. Tanaman dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu tanaman hias, tanaman obat-obatan, tanaman pangan dan tanaman sandang. Semua itu diperinci sebagai berikut.

 Kateliya (Cattleya), Contoh tanaman hias.



Tanaman hias adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah suatu tempat dimana tanaman itu dibudidayakan. Tanaman hias dapat dibagi menjadi empat yaitu tanaman hias berbentuk terna, perdu, pohon, dan semak. Tanaman hias berbentuk terna adalah tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu, contohnya adalah Salvia Lyrata. Tanaman hias yang berbentuk perdu adalah nama sekelompok pohon yang mempunyai ketinggian diatas 6 m (20 kaki) contohnya adalah Anggrek Tanah. Tanaman hias berbentuk pohon adalah tanaman hias yang berbentuk pohon atau mempunyai ketinggian diatas 6 m (20 kaki), contohnya adalah Pohon Airis. Tanaman hias berbentuk semak adalah tanaman berkayu tetapi tidak memiliki batang utama, tanaman semak biasanya mempunyai daun dan bentuk yang indah, contohnya adalah kurume azalea.

Salvia Lyrata, contoh tanaman Terna

Anggrek Tanah, contoh tanaman Perdu

Pohon Airis, contoh tanaman hias berbentuk pohon
 Kurume Azalea, contoh tanaman hias berbentuk semak
 Tanaman obat-obatan adalah tanaman yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit manusia maupun mahkluk hidup lainnya. Obatnya bisa berasal dari akar, daun, maupun buahnya. Tanaman obat-obatan yang berasal dari daunya yaitu tanaman daun sirih, pohon jarak, dan alang-alang. Tanaman obat-obatan yang berasal dari akarnya yaitu jahe, kunyit, temulawak, dll. Tanaman obat yang berasal dari buahnya adalah buah mengkudu dan srikaya.
 
Tanaman sirih, contoh tanaman obat yang berasal dari daunnya

Tanaman Jahe, contoh tanaman obat yang berasal dari akarnya


Tanaman Mengkudu, contoh tanaman obat yang berasal dari buahnya






Tanaman pangan adalah tanaman yang bisa dijadikan bahan makanan. Tanaman pangan bisa berasal dari akar, daun, biji-bijian, maupun buahnya. Tanaman pangan yang berasal dari  akarnya adalah singkong, ubi, kentang, dll. Tanaman pangan yang berasaln dari daunnya adalah kangkung, bayam, dll. Tanaman pangan yang berasal dari biji-bijian yaitu padi, gandum, kacang hijau, kacang tanah, dll. Tanaman pangan yang berasal dari buah yaitu apel, mangga, melon (buah-buahan).



Tanaman ubi kayu, contoh tanaman pangan yang berasal dari akarnya


Tanaman kangkung, contoh tanaman pangan
yang berasal dari daunnya

Tanaman melon, contoh tanaman pangan yang berasal dari buahnya

Tanaman sandang adalah tanaman yang bisa dijadikan bahan jadi sehingga bosa menjadi barang kebutuhan manusia berupa kain untuk pakaian, maupun kayu untuk rumah. Tanama sandang bisa berasal dari batangnya yaitu pohon jati, bambu, rotan, dll. Tanaman sandang yang berasal dari buahnya yaitu kapuk.



Pohon jati, contoh tanaman sandang yang berasal dari batangnya.

Pohon kapuk, contoh tanaman sandang yang berasal dari buahnya.



Nama Kelompok : Sanusi Pane
-Adrian Mirza
-Feri Oktavian
-Pajar Sidik
-Irwan Maulana
-Rangga Arta
Dari : 10 PM 2 (SMKN 22 Jakarta Timur)

2 comments:

  1. hurufnyaaa,,,, bisa diganti warnanya jadi hitam krn klo putih spertinya tidak bisa dibaca... backgroundnya terang, warna hurf2nya pun terang... secara keseluruhan sudah okey dan baik.

    ReplyDelete